• SDN MEGAMENDUNG 01
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Profil

1. Profil Satuan Pendidikan

SDN Megamendung 01 merupakan salah satu satuan pendidikan Sekolah Dasar   yang berada di kecamatan Megamendung .

Meskipun demikian SDN Megamendung 01 memberikan pelayanan pada peserta didik secara utuh/menyeluruh yang mencakup pembelajaran Intrakulikuler, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler serta mengembangkan nilai-nilai karakter.

Adapun profil SDN Megamendung 01 adalah sebagai berikut :

Nama Sekolah                               :  SDN Megamendung 01

NPSN                                             :  20201534 

NSS                                                 :  101020226019

Jenjang Pendidikan                        : SD 

Status Sekolah                                     : Negeri 

Alamat                                        : Kp. Sirnagalih RT 01/02 Desa Megamendung,

                                                    Megamendung

Kabupaten/Kota                      : Bogor 

Provinsi                                    : Jawa Barat 

Email                                        : sdnmegamendung01@yahoo.com

Website                                       : sdnmegamendung01.sch.id

 

Sarana dan prasarana yang dimiliki SDN Megamendung 01 adalah sebagai berikut.

Sarana dan Prasarana Tahun 2023

No

Sarana

Jumlah

Ruang Kelas 

6

Ruang Guru/ Kantor 

1

Ruang Literasi 

 1

Gudang 

 1

Lapangan / Tempat Bermain 

 1

Mushola

1

Toilet 

 7

Ruang UKS 

 -

Tempat Parkir 

1

10 

Chromebook 

-

11 

LCD 

1

12 

Laptop 

4

13 

Alat Olahraga 

2 set

 14 

Media Pembelajaran 

8 set

 

Berdasarkan tabel di atas, dari segi sarana dan prasarana SDN Megamendung 01 memiliki fasilitas cukup dalam mendukung kegiatan pembelajaran, memiliki 10 ruang  kelas, 1cruang literasi,  2 ruang guru/pendidik, 1 gudang, 1 mushola, lapangan/tempat  bermain, tempat parkir,8 unit toilet. Sarana pendukung pembelajaran yaitu 1 unit LCD, 4 unit laptop, 7 unit computer dekstop, alat olahraga, media pembelajaran. 

  1. Kontek Sosial Budaya

Kondisi masyarakat lingkungan sekolah sebagai masyarakat yang relatif memiliki wawasan yang memadai. Mayoritas penduduk berprofesi sebagai Wiraswasta, Buruh, sebagian kecil sebagai pedagang, dan PNS.

Dengan demikian kondisi sosial orang tua peserta didik rata-rata mempunyai penghasilan cukup , dan tingkat kepedulian cukup terhadap pendidikan. Kondisi ekonomi yang demikian itu menimbulkan dampak bagi perkembangan pendidikan di SDN Megamendung 01.

Penduduk sekitar lingkungan sekolah sebagian besar beragama Islam yang hidup berdampingan satu sama lain sehingga terbina kerukunan sejahtera.

Sekolah meyakini bahwa lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif dapat mendukung berkembangnya pengetahuan, mengasah keterampilan, serta membentuk sikap belajar yang baik dari peserta didik. Lingkungan Sekolah dirancang sesuai dengan tujuan pendidikan yang dapat dimanfaatkan peserta didik sebagai sumber belajar. Pendampingan aktif dari guru-guru dilakukan saat peserta didik berinteraksi untuk memastikan proses sosialisasi peserta didik berjalan sesuai yang diharapkan.

SDN Megamendung 01 meyakini bahwa literasi merupakan kebutuhan dasar dalam belajar dan berkomunikasi. Keterampilan ini  akan berkembang maksimal apabila peserta didik berada dalam lingkungan belajar yang  literate (literate environment). Untuk mewujudkan hal ini, sekolah memperkaya lingkungannya dengan berbagai perangkat literasi yang dapat ditemukan peserta didik di dalam maupun di luar kelas. Lingkungan sekolah memiliki beragam permainan tradisional, sarana dan prasarana yang memadai dan lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar peserta didik.

  1. Kontek Budaya

SDN Megamendung 01 memiliki peluang berkembang cukup besar karena letak geografisnya yang strategis. Meskipun lokasi sekolah berada di kawasan yang tidak mudah dijangkau angkutan umum namun keadaan lingkungan yang tenang dan nyaman. Dibalik itu semua ancaman yang bersumber dari pergeseran nilai budaya yakni adanya kecenderungan sikap hidup metropolis yang mulai melanda kehidupan peserta didik, menirukan perilaku masyarakat yang tidak jelas latar belakangnya.

Oleh karena itu, kegiatan pembentukan budi pekerti dan melestarikan seni budaya tradisional harus dioptimalkan melalui kegiatan pengembangan diri. Menyikapi kondisi ini, SDN Megamendung 01 melakukan upaya  nyata berupa peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, melengkapi sarana dan prasarana, menjalin kerja sama yang harmonis dengan orang tua peserta didik/wali peserta didik dan mengadakan kegiatan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dan masyarakat.

  1. Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Pendidik dan tenaga pendidikan merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya pendidik dan tenaga kependidikan semua kegiatan  pendidikan bisa bejalan lancar. Pendidik dan tenaga kependidikan dalam proses  pendidikan memegang peranan strategi terutama dalam upaya membentuk watak  dan pengembangan kepribadian serta nilai-nilai yang di cita-citakan.  

Data mengenai pendidik dan tenaga kependidikan pada SDN Megamendung 01 dapat disajikan pada tabel berikut. 

 

Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023

 

No.

Nama

Jabatan

Status

Kualifikasi

Tersertifikasi

Dewi Widaningsih, S.Pd

Kepala Sekolah

PNS

S1-PGSD

Sudah

Yani Mulyani, S.Pd

Guru Kelas

PNS

S1-PGSD

Sudah

Ranthi Khusmayanti, S.Pd

Guru Kelas

PNS

S1-PGSD

Sudah

Selamat Yono

Guru Kelas

PNS

SMU

Belum

Hesti Fitriawati, S.Pd

Guru Kelas

PPPK

S1-PGSD

Belum

Irman, S.Pd

Guru Kelas

PPPK

S1-PGSD

Belum

Fahmi Ramdani, S.PdI

Guru PAI

Sukwan

S1-Tarbiyah

Belum

Riyan Handayani, S.Pd

Guru Kelas

Sukwan

S1-PGSD

Belum

Irma Rosdiana, S.Pd

Guru Kelas

Sukwan

S1-PGSD

Belum

10

Rizal Padilah

Operator

Sukwan

S1-PGSD

Belum

11

Dadang Mulyadi

Penjaga Sekolah

Honor

SMP

-

12

Adhe Ahmad Sarip

Tenaga Kebersihan

Honor

SMP

-

 

Berdasarkan tabel diatas, SDN Megamendung 01 memiliki tenaga pendidik dan  kependidikan sebagian besar ditunjang dengan tingkat pendidikan sesuai dengan tugas yang diampu, dan mempunyai kualifikasi akademik S-1. Tenaga pendidik dan kependidikan berjumlah 12 orang yang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, 6 guru kelas yang memiliki kualifikasi S1, 1 orang guru mata pelajaran, 1 orang guru juga sebagai tenaga administrasi, 1 orang operator sekolah, 2 orang penjaga sekolah. 

  1. Peserta Didik

Setiap anak adalah unik, mereka memiliki kemampuan dan pengalaman belajar yang tidak sama. Sebagian anak memiliki potensi di area akademik, namun tidak sedikit juga anak yang masih perlu dikembangkan kemampuan sosial dan emosional mereka. Masing-masing anak memiliki potensi dan minat yang berbeda. Sekolah terus berupaya memfasilitasi kebutuhan mereka dengan menyiapkan program pengembangan potensi dan minat mereka. Dengan demikian, program yang dirancang memerhatikan aspek mengembangkan semua dimensi sehingga tidak hanya kemampuan akademik, tetapi juga fisik, emosional, spiritual, 4K (Kritis, Kreatif, Komunikatif, Kolaborasi), aspek  kecerdasan lainnya secara holistik dan seimbang melalui Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills, karakter dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai payung besar.

 

Data mengenai peserta didik SDN Megamendung 01 dapat disajikan pada tabel berikut. 

Jumlah Peserta Didik SDN Megamendung 01 Tahun Ajaran 2023/2024

 

 

Kelas

Jenis kelamin

 

Jumlah

Laki-laki 

Perempuan

Kelas 1 

 23

29

52

Kelas 2 

 33

28

51

Kelas 3 

 14

22

36

Kelas 4 

 18

20

38

Kelas 5 

 19

17

36

Kelas 6 

 21

23

44

Total 

 128

 139

267

 

 

Latar belakang peserta didik berada pada tingkat ekonomi cukup, tetapi perhatian dan daya dukung orang tua pada kegiatan sekolah cukup  baik terhadap proses pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Sehingga pendidikan menjadi suatu proses yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya sehingga dapat memiliki  kecakapan hidup yang sesuai minat bakat yang mengembangkan kecerdasan  spiritual, intelektual, dan kinestetik. 

Berdasarkan hasil analisis tersebut, sangat  diperlukan pemahaman terhadap keragaman peserta didik. Pemahaman karakteristik  peserta didik sangat menentukan hasil belajar yang akan dicapai, aktivitas yang  perlu dilakukan, dan assesmen yang tepat bagi peserta didik. Keberhasilan proses  pembelajaran sangat ditentukan oleh tingkat pemahaman pendidik tentang karakteristik peserta didiknya. Sehingga peserta didik menjadi perhatian dan  pijakan pendidik dalam melakukan seluruh aktivitas pembelajaran. Salah satu  karakteristik peserta didik yang dimaksud adalah minat, perkembangan kognitif,  kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, perkembangan  sosial, perkembangan moral dan spiritual, dan perkembangan motorik. SDN Megamendung 01 memiliki peserta didik dengan karakteristik yang beragam, baik dilihat dari  minat, perkembangan kognitif, gaya belajar, perkembangan emosi, sosial, moral dan  spiritual, serta motorik. Keragaman tersebut selanjutnya dapat dijadikan sebagai  dasar dalam penyusunan berbagai program sekolah dan pemilihan pendekatan serta  metode pembelajaran. Dengan interaksi yang efektif antara guru dan peserta didik,  sehingga keragaman karakteristik tersebut dapat menjadi pendukung keberhasilan  tujuan yang akan dicapai. Agar bisa tercapai lulusan sesuai dengan harapan. 

 

 

 

Halaman Lainnya
Visi dan Misi SDN Megamendung 01

“TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG KONDUSIF SEHINGGA DAPAT MENGEMBANGKAN PESERTA DIDIK MENJADI PRIBADI YANG BERKARAKTER DAN BERPRESTASI BERLANDASKAN IMTAQ DAN IPTEK”   Ada

29/01/2023 03:50 - Oleh Administrator - Dilihat 147 kali